Notification

×

Iklan


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Pembelajaran Kreatif di SDN 2 Panjer

Senin, 30 Desember 2024 | 16:29 WIB Last Updated 2024-12-30T09:29:15Z

Proses kegiatan belajar
Belajar adalah proses penting dalam memperoleh informasi, pengetahuan, dan perubahan perilaku. Menurut Slameto (2016:2), belajar adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai perubahan tingkah laku secara keseluruhan melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Berdasarkan prinsip tersebut, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mengadakan pembelajaran inovatif di SDN 2 Panjer, Kebumen, pada Rabu, 20 November 2024.  


Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika, khususnya mean, median, dan modus. Dalam kegiatan ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UMP—Wahyu Prasetyo, Indah Agustin Nugraheni, Nayla Ayu Kartikaningsih, Faiz Syah Roesi, dan Intan Mai Rahmawati Isnen—menggunakan media pembelajaran kreatif berupa permainan “JENIS 3M"(Jeruk Manis: Mean, Median, Modus).  

Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan dimulai dengan sesi ice breaking untuk membangun semangat siswa. Selanjutnya, mahasiswa menjelaskan konsep dasar mean, median, dan modus dengan cara interaktif. Mereka memperkenalkan media pembelajaran JENIS 3M melalui demonstrasi bersama dua siswa. Satu siswa membacakan petunjuk dan soal, sementara siswa lainnya mempraktikkan langkah-langkah menggunakan media tersebut.  


Sesi pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar sambil bermain, sehingga siswa tetap antusias dan bersemangat. “Saya sangat senang bermain sambil belajar bersama kakak. Ini membuat saya lebih mudah memahami materi mean, median, dan modus,” ungkap Tiya, salah satu siswa yang ikut serta.  


Mahasiswa penyelenggara juga memberikan panduan langsung dalam memainkan permainan tersebut. “Kami ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan dan lebih cepat memahami materi,” ujar Faiz Syah Roesi, ketua pelaksana kegiatan.  


Manfaat dan Harapan

Kreativitas dalam menciptakan media pembelajaran seperti JENIS 3M menjadi aspek penting dalam pembelajaran. Media ini tidak hanya membantu siswa memahami materi dengan mudah tetapi juga meningkatkan semangat belajar mereka. “Saya sangat senang dengan media pembelajaran ini karena mudah dipahami,” kata Sima, salah satu siswa.  


Sementara itu, Hasan, siswa lainnya, mengungkapkan, “Seru sekali, kak. Saya jadi lebih semangat belajar.” Pernyataan ini disambut oleh Intan Mai Rahmawati Isnen, “Terima kasih sudah bersemangat. Kami berharap kalian bisa lebih memahami materi dan terus semangat belajar.”  


Faiz Syah Roesi menambahkan harapannya, “Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi siswa SDN 2 Panjer, terutama dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Kami juga berharap suasana belajar yang menyenangkan ini dapat terus dipertahankan.”  


Penutupan Kegiatan

Kegiatan ini ditutup dengan ucapan terima kasih kepada siswa atas antusiasme mereka, disertai pesan untuk terus giat belajar. Foto bersama di akhir kegiatan menjadi momen kenang-kenangan bagi mahasiswa dan siswa SDN 2 Panjer.  


Melalui pembelajaran kreatif ini, mahasiswa UMP berharap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi proses belajar siswa, memperkuat minat belajar, dan mendorong mereka untuk lebih percaya diri dalam memahami pelajaran.


Anggota Kelompok 3:

1. Faiz Syah Roesi (232180150)

2. Nayla Ayu Kartikaningsih (232180155)

3. Intan Mai Rahmawati Isnen (232180166)

4. Indah Agustin Nugraheni (232180143)

5. Wahyu Prasetyo (232180030)

×
Berita Terbaru Update