Notification

×

Iklan

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat KPU Purworejo Adakan Nobar Film Tepatilah Janji

Kamis, 10 Oktober 2024 | 07:08 WIB Last Updated 2024-10-10T00:36:46Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Film Tepatilah Janji yang diinisiasi Komisi Pemilihan Umum berkolaborasi dengan Asta Jaya Centra Cinema dan Padi Creative, kembali diputar. 

KPU Kabupaten Purworejo mengadakan saresehan bersama masyarakat terkait tahapan Pilkada yang sedang berjalan. Dalam saresehan ini juga diadakan nonton bareng film "Tapatilah Janji". KPU Purworejo mengadakan saresehan ini di 16 Kecamatan  yang diatur sesuai jadwal pada tanggal 8 - 11 Oktober 2024 yang bertempat di masing-masing Kecamatan. 


Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pituruh mengadakan saresehan di Aula Kecamatan Pituruh yang dihadiri Camat Pituruh, Kapolsek Pituruh, Ikatan Disabilitas Pituruh, Organisasi Pemuda, dan PPS se-Kecamatan Pituruh di Kecamatan Pituruh diadakan pada Rabu Malam, 9/10/2024.


Para penonton tenggelam dalam kisah konflik kehidupan keluarga Ibu Pertiwi (Cut Mini) yang dirambah politik selepas putra tertuanya, Adam (Bima Zeno), mencalonkan diri menjadi bupati. Konflik tersebut kian rumit akibat isu politik dinasti yang merebak di desa itu.

Film ini disutradarai Garin Nugroho. Isinya membahas sejumlah isu pilkada yang direpresentasikan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat umum pada momentum pemilu saat ini.


Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, KPU Purworejo, Abdul Azis, menyebutkan bahwa kritik sosial dalam film tersebut memberikan pembelajaran penting bagi masyarakat. Terutama, pelajaran tentang dinamika perpolitikan.


"Film Tepatilah Janji diharapkan menyentuh semua lapisan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada semua elemen masyarakat dan meningkatkan kesadaran pemilih" ujar Azis.


Adapun Pesan dalam Film Tepatilah Janji ini mengangkat isu seputar politik uang, dinasti politik, polarisasi yang didorong sentimen agama dan lainnya dalam pemilu. Diharapkan menjadi pembelajaran bagi masyarakat sebelum menggunakan hak suara.


Ketua PPK Pituruh Agus Suparmin menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam proses pemilihan kepala daerah. Kami juga mengundang Ikatan Disabilitas Pituruh dengan harapan "Disabilitas dapat benar-benar diakomodir dalam proses penyelenggaraan Pilkada 2024" papar Agus.


Kontributor : Syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update