Notification

×

Iklan

SDN Jatiwangsan Bentuk Kombel Kreasi untuk Sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 07:58 WIB Last Updated 2024-10-12T00:59:12Z

KEMIRI, (pituruhnews.com)SDN Jatiwangsan kini mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yang berfokus pada pembelajaran yang menyenangkan, relevan, dan berpusat pada siswa. Namun, implementasi kurikulum baru ini menghadirkan tantangan bagi para guru, terutama dalam memahami dan menerapkannya di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah membentuk Kombel Kreasi (Komunitas Kreatif, Ramah, Edukatif, Asyik, Seru, dan Inspiratif), sebagai wadah kolaborasi bagi guru untuk mencari solusi atas tantangan pembelajaran.

Kepala SDN Jatiwangsan, Siti Khomsatun, S.Pd.SD, menjelaskan bahwa Kombel Kreasi dirancang untuk memberikan ruang bagi para guru dalam berbagi pengalaman dan praktik baik dalam menghadapi kendala saat mengajar. “Kombel Kreasi membantu guru saling mendukung dan bekerja sama untuk menemukan solusi melalui diskusi mingguan,” ungkapnya.


Diskusi ini diadakan setiap minggu selama dua jam tanpa mengganggu proses belajar-mengajar. Setiap pertemuan mencakup refleksi pembelajaran dan diskusi masalah, di mana para guru mengevaluasi tantangan di kelas dan mencari solusi kolektif. “Baik itu terkait metode pembelajaran atau pengelolaan kelas, kami selalu berusaha mencari jalan keluar bersama,” tambah Siti Khomsatun.


Selain itu, Kombel Kreasi menjadi ajang berbagi praktik baik antar-guru, sehingga mereka bisa terinspirasi dari metode-metode sukses yang digunakan rekan-rekan mereka. Program ini terbukti efektif, meningkatkan rasa percaya diri guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dan menghasilkan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.


"Hasil capaian rapor pendidikan siswa, terutama dalam kompetensi numerasi, menunjukkan peningkatan signifikan," pungkas Siti Khomsatun.

Iklan

×
Berita Terbaru Update