Notification

×

Iklan

Purworejo Gagal Rebut Gelar Juara Desa Wisata Jateng 2024: Megulungkidul Masuk 10 Besar

Senin, 16 September 2024 | 09:45 WIB Last Updated 2024-09-16T02:45:44Z

Kepala Desa Megulung Kidul Malik Khoirul Anam bersama peraih 10 besar Desa Wisata Jateng. (wahyu nur asmani ew/istimewa)
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Kabupaten Purworejo harus menerima kenyataan pahit setelah gagal mempertahankan prestasi juara pertama di ajang bergengsi Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2024. Pada tahun ini, Desa Wisata Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, yang menjadi wakil dari Purworejo, hanya berhasil menembus 10 besar dari total 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Prestasi ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana pada 2023 Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, berhasil meraih juara pertama Desa Wisata Jawa Tengah. Kesuksesan tersebut menjadikan Kabupaten Purworejo sebagai tuan rumah Gelar Desa Wisata Jateng 2024.


Pengumuman 10 Besar Desa Wisata Jateng dilakukan pada Jumat, 14 September 2024, bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo. Acara ini dilanjutkan dengan pameran stan desa wisata se-Jawa Tengah, yang menampilkan seni tradisional dari masing-masing desa wisata. Pameran berlangsung selama tiga hari, dari Jumat hingga Minggu, 13-15 September 2024, di halaman Rumah Dinas Bupati Purworejo atau Pendopo Agung Purworejo.


Peningkatan Kategori Desa Wisata


Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, mengakui bahwa Desa Wisata Megulung Kidul masih dalam kategori rintisan. Kendati demikian, Desa Megulung Kidul berhasil masuk 10 besar dalam ajang ini.


“Tahun lalu, memang Purworejo Juara 1 dengan Desa Pandanrejo. Namun, tahun ini Desa Pandanrejo tidak boleh ikut serta kembali karena sudah meraih juara pertama. Desa Pandanrejo kini telah meningkat dari Desa Wisata Rintisan menjadi Desa Wisata Berkembang,” jelas Aan.


Ia menambahkan bahwa ke depan, Pemerintah Kabupaten Purworejo akan mendorong lebih banyak desa lain untuk mengikuti jejak Desa Pandanrejo dan menjadi desa wisata kategori berkembang.


“Tahun ini kami mengusulkan Desa Megulung Kidul yang masih berada dalam kategori rintisan. Harapannya, desa ini akan mendapat masukan berharga dan pengalaman untuk pengembangan lebih lanjut di masa depan,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Desa Megulung Kidul, Malik Khoirul Anam, saat dimintai komentar terkait capaian desanya yang masuk 10 besar, belum memberikan pernyataan resmi.


Dengan pencapaian ini, diharapkan Purworejo dapat melahirkan lebih banyak desa wisata berkembang yang berprestasi di ajang-ajang berikutnya, serta mampu meningkatkan kualitas potensi wisata lokalnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update