Notification

×

Iklan

Dindikbud Purworejo Bantah Adanya Kegiatan Ida Dayak di Gedung Kesenian WR Soepratman

Senin, 30 September 2024 | 21:08 WIB Last Updated 2024-09-30T14:08:35Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purworejo menegaskan bahwa tidak pernah menerima konfirmasi adanya kegiatan yang melibatkan Ida Dayak di Gedung Kesenian WR Soepratman. Gedung tersebut, terhitung sejak 23 September hingga 9 Desember 2024, dipergunakan untuk penyimpanan alat-alat kesenian.

Kepala Dindikbud Purworejo, Wasit Diono, menjelaskan bahwa pemanfaatan gedung untuk penyimpanan peralatan kesenian telah disertai dengan upaya penyekatan ruangan. 

"Penyekatan ruangan ini untuk memisahkan peralatan kesenian sehingga dapat dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan," ungkap Wasit Diono pada Senin (30/9/2024).

Belakangan ini, beredar informasi mengenai rencana praktek pengobatan oleh Ida Dayak di Gedung Kesenian Purworejo yang disebarkan melalui jejaring sosial Facebook. Informasi tersebut menyebutkan bahwa Ida Dayak akan melakukan praktek pengobatan pada Rabu-Kamis (2-3 Oktober 2024) mulai pukul 09.00 WIB. Leaflet yang beredar juga mencantumkan nomor telepon pendaftaran, yaitu 0812 6039 0116, dan menyatakan bahwa pengobatan tersebut terbuka untuk 200 orang pendaftar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, menyampaikan bahwa dirinya selaku penanggung jawab Gedung Kesenian telah menerima telepon serta pesan WhatsApp terkait kegiatan tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa rencana tersebut tidak pernah ada di Gedung Kesenian.

"Saya beberapa kali menerima telepon atau pesan tentang hal ini. Dan saya tegaskan bahwa kegiatan tersebut tidak ada," kata Woro.

Woro juga menambahkan bahwa dirinya tidak mengetahui apa motif di balik penyebaran informasi tersebut. Terkait izin pemakaian gedung, Woro menyebutkan bahwa hingga saat ini baru ada satu orang yang mengajukan pemakaian gedung, tetapi untuk kegiatan di tahun 2025.

Dengan demikian, Dindikbud Purworejo memastikan bahwa informasi terkait praktek pengobatan Ida Dayak di Gedung Kesenian WR Soepratman adalah tidak benar dan tidak terkonfirmasi.

Iklan

×
Berita Terbaru Update