Notification

×

Iklan

Aglik Expo Festival Panjat Pinang 2024 Mengundang Ribuan Penonton

Senin, 02 September 2024 | 00:54 WIB Last Updated 2024-09-01T18:07:26Z
Foto : kominfopurworejo
GRABAG, (pituruhnews.com) - Desa Aglik kembali menggelar Aglik Expo Festival Panjat Pinang 2024 pada Minggu, 1 September 2024. Kegiatan yang diadakan di Jembatan Sengoro Kali Lereng, desa Aglik, Kecamatan Grabag ini sukses menarik perhatian ribuan penonton yang datang untuk menyaksikan festival tahunan ini. Acara yang digagas oleh para pemuda desa ini menjadi salah satu momen paling dinanti oleh masyarakat.

Dalam festival ini, terdapat enam pohon pinang yang disiapkan dengan total nilai hadiah mencapai sekitar 25 juta rupiah. Setiap pohon pinang dinilaikan sekitar 3,5 juta hingga 3,8 juta rupiah. Acara ini terbuka untuk masyarakat Desa Aglik dan juga desa-desa yang diundang, dengan 3 pohon pinang dikhususkan untuk warga Aglik.
Antusias ribuan penonton 
Victor, Ketua Panitia acara, menyatakan bahwa festival ini merupakan acara tahunan yang selalu ditunggu-tunggu. Ia berharap ke depannya acara ini bisa menjadi salah satu wisata tahunan yang didukung oleh pemerintah kabupaten. Selain itu, Victor juga berharap agar kegiatan ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya dengan menambah variasi kegiatan seperti susur sungai dan lain-lain.
Kadin Kominfo Yudhi saat sambutan
Kepala Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo Yudhie Agung Prihatno hadir mewakili Bupati Purworejo yang pada kesempatan tersebut tidak dapat hadir secara pribadi. Turut hadir Camat Grabag Eko Setyo Husodo berserta jajaran Forkopimcam Grabag, Kepala Desa Aglik Basiyo serta tamu undangan lainnya.

Membacakan sambutan Bupati Purworejo, Kepala Dinas Kominfostasandi Yudhie Agung Prihatno menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Aglik yang telah ikut serta memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 RI melalui kegiatan Festival Panjat Pinang yang tidak hanya diikuti warga Desa Aglik, tetapi juga warga desa sekitarnya.
Peserta panjat pinang
Lomba panjat pinang, lanjut Yudhie, merupakan sebuah acara tradisional yang sarat dengan makna dan simbolisme tentang kerja sama, tekad dan semangat pantang menyerah yang sepatutnya diteladani.

"Kita tahu panjat pinang bukanlah pekerjaan mudah, namun dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat, kita dapat menghadapinya dengan penuh keberanian dan semangat juang. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin sehingga bisa menjadi hiburan dan daya tarik wisata, yang menjadi ikon Desa Aglik," imbuhnya.
Victor Panitia dan Eko Camat Grabag
Camat Grabag, Eko Setyo Husodo, turut menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Ia mengungkapkan rasa bangganya atas terselenggaranya festival ini yang menjadi bagian dari perayaan HUT RI ke-79 di Desa Aglik. 

Eko juga berharap agar acara ini bisa semakin meriah dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purworejo pada masa yang akan datang.

Iklan

×
Berita Terbaru Update