Notification

×

Iklan

Ulang Janji Pramuka dan Renungan Suci Kwarran Pituruh Tanamkan Peserta Berjiwa Pancasila

Selasa, 13 Agustus 2024 | 22:25 WIB Last Updated 2024-08-13T15:48:43Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Dalam rangka HUT Pramuka ke-63, Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo menggelar malam Ulang Janji dan sarasehan. Kegiatan ulang janji dipimpin Ketua Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Pramuka Pituruh, Drs. Hartono, M.M, di Halaman SMPN 20 Purworejo, Selasa malam (13/8/2024).

Upacara ulang janji merupakan satu tradisi sakral dalam gerakan Pramuka pada setiap peringatan hari Pramuka 14 Agustus di seluruh wilayah di Indonesia. Suasana khidmat pun berlangsung selama jalannya upacara.
Upacara ulang janji Pramuka dilakukan untuk refleksi atas apa yang telah dilakukan sekaligus untuk mengucap ulang janji sebagai anggota Pramuka. Untuk itulah biasanya kegiatan upacara ulang janji Pramuka, selalu diisi dengan renungan dan mengulang janji Pramuka

Tema yang diambil untuk Ulang Janji sekaligus HUT Pramuka Ke-63 adalah "Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI" dan upacara Ulang Janji dihadiri oleh Mabiran Pituruh yang terdiri dari Camat Pituruh, Kapolsek Pituruh, Danramil Pituruh, Kepala KUA Pituruh, Korwilcambidi Pituruh, Pengurus Kwarran, Kamabigus se-Kecamatan Pituruh, Pembina Gudep, Dewan Kerja Ranting, Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak

Rangkaian kegiatan pada ulang janji mulai dari pembacaan Dasa Dharma dari Penggalang dilanjutkan pembacaan Tri Satya oleh Pembina  Upacara. Kemudian tasyakuran Malam Peringatan Hari Pramuka.
Setelah upacara Ulang Janji dilaksanakan dilanjutkan acara tasyakuran di kalangan jajaran peserta. Pada acara Tasyakuran Kamat Pituruh selaku Kamabiran, Hartono memberikan potongan tumpeng kepada Ketua Kwarran Pituruh. 

Dalam sambutannya Kamabiran memberikan apresiasi kepada gerakan Pramuka sesuai yang selalu memberikan teladan bagi generasi penerus  bangsa "Dasa Dharma 10 Suci Dalam Pikiran Perkataan dan Perbuatan menjadi ujung tombak dalam penanaman karakter" Jelas Hartono pada sambutan

Pada kesempatan Tasyakuran ulang Janji Anggota Mabiran Kepala KUA Pituruh memberikan bahwa komitmen yang disampaikan melalui Pramuka melalui Tri Satya dan Dasa Dharma sebagai dimensi untuk membangun kebaikan. "Gerakan Pramuka merupakan gerakan yang penanaman karakter religius" papar Dadang dalam sambutannya. 

Sebagai informasi, kegiatan Ulang Janji ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Pramuka ke-63 yang dilaksanakan menjelang tanggal 14 Agustus dengan perenungan terhadap usaha atau karya yang telah dilakukan oleh setiap anggota demi Kepramukaan, Gerakan Pramuka, serta pengucapan janji Satya Pramuka.


Kontributor : Syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update