Notification

×

Iklan

SMK Patriot Pituruh Menggelar Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tradisi Kearifan Lokal

Jumat, 23 Agustus 2024 | 09:32 WIB Last Updated 2024-08-23T12:45:28Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - SMK Patriot Pituruh melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema kearifan lokal. Gelar karya ini menampilkan berbagai prosesi budaya Jawa yang dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas X dan XI. Kamis, 22/08/2024.

Acara dimulai pada pukul 07.30 di Aula SMK Patriot Pituruh, dengan berbagai prosesi tradisional, seperti: Lamaran, Siraman, Ijab qabul, Adat Pernikahan, Resepsi yang dimeriahkan oleh hiburan tradisional seperti (Dolalak, jaran kepang, tari yapong, tari kreasi, silat, dan organ tunggal), Ngupati & Mitoni, Puputan, Tembang Dolanan.


Kepala Sekolah SMK Patriot Pituruh, Haryoto, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menggalang dan melestarikan kebudayaan kearifan lokal Jawa. Dengan kegiatan ini, siswa-siswi diharapkan tidak hanya memahami dan menghargai tradisi budaya lokal, tetapi juga mampu mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan prinsip Pelajar Pancasila.


Acara ini tidak hanya menjadi sarana pembelajaran, tetapi juga hiburan bagi seluruh hadirin, sekaligus memperkuat semangat kebersamaan dalam menjaga warisan budaya lokal.


Ia menambahkan dengan pentingnya menggalang kebudayaan kearifan lokal Jawa melalui P5. Beliau menegaskan, "Ini akan menjadi bekal untuk siswa usai lulus sekolah dengan bersosialisasi di masyarakat." Melalui kegiatan ini, para siswa tidak hanya diajak untuk mempelajari dan melestarikan budaya lokal, tetapi juga diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Iklan

×
Berita Terbaru Update