Notification

×

Iklan

Sambut HUT Pramuka Ke-63, Kwarran Pituruh Adakan Bakti Sosial dan Ziarah Pahlawan

Senin, 12 Agustus 2024 | 11:38 WIB Last Updated 2024-08-12T04:44:07Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Kwartir Ranting Pituruh Kabupaten Purworejo menggelar bakti masyarakat  berupa Bersih Kampung pada bulan Bakti Pramuka dan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 yang diadakan pada hari Senin, 12/08/2024.

Kegiatan Bakti Sosial diadakan diberbagai tempat yang meliputi Lapangan Pituruh, Jalan Selatan SMP PMB Pituruh, Jalan Selatan gudang Pituruh ke selatan, Jalan timur gudang Pituruh ke utara, Jalan Mentosaran, Halaman Kecamatan Pituruh, dan Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka Kwarran Pituruh. Masing-masing lokasi sudah ada andalan Kwarran sebagai koordinator dan pramuka siaga, penggalang, dan penegak.


Ada ratusan anggota pramuka yang terlibat dalam aksi bersih-bersih Kampung yang dilakukan dengan memungut berbagai sampah seperti sampah plastik. Ini adalah bentuk aksi membangun kesadaran menjaga kebersihan. Sejak dini peduli kebersihan harus dibina ol


Andalan Kwarran Pituruh Anjar Dhani Tiastono dalam hal ini sebagai koordinator kegiatan Bakti Sosial Gerakan Pramuka Kwarran Pituruh mengatakan, aksi bersih-bersih kampung dilakukan dalam rangka menumbuh-kembangkan kesadaran pentingnya kebersihan.


"Kegiatan ini adalah perwujudan dari pengamalan Dasa dharma kedua Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Dengan kegiatan ini diharapkan ingin menggugah kesadaran semua pihak agar menjaga kebersihan untuk keberlangsungan alam yang dipijak ini" ujarnya

Ketua Kwarran Pituruh, Budi Arwanto, di Megulungkidul, mengatakan pelaksanaan ziarah ke makam tokoh-tokoh pramuka Pituruh ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (09/08/2024).


Adapun makam tokoh-tokoh Pramuka Kwarran Pituruh yang diziarahi hari ini adalah makam almarhum Arif Sumarmo di Desa Megulunglor, Almarhum Prasetyo Diatmono di Desa Megulungkidul, Almarhum Sudarwan di Desa Ngampel, Almarhum Suparni di Desa Tersidilor, Almarhum Tukiono di Desa Ngandagan,  Almarhum Poniran di Desa Gumawangrejo Kecamatan Pituruh, Almarhum Marlan di Desa Romodadi Kecamatan Butuh. 


Masing-masing tempat sudah ada pengurus Kwarran dan siswa Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak dari gugus depan terdekat.

Maino selaku Andalan Kwarran Pituruh berharap kegiatan sebagai wujud syukur kepada almarhumah yang telah mengabdi di Kwarran Pituruh. "Dia bersyukur karena bisa bertemu dan bersilaturahmi langsung dengan para keluarga almarhum dan almarhumah tokoh-tokoh Pramuka Kwarran Pituruh" paparnya.


Adapun rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka ke-63 di Kwarran Pituruh lainnya yaitu, Bakti Masyarakat pada tanggal 12 Agustus, Renungan dan Ulang Janji pada tanggal 13 Agustus, Tasyakuran pada tanggal 13 Agustus, serta Upacara Peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-63 pada tanggal 14 Agustus yang bertempat di Lapangan Desa Pituruh.

Penulis : Syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update