Notification

×

Iklan

Lestarikan Bahasa Jawa, Wilcambidik Pituruh Adakan FTBI

Kamis, 29 Agustus 2024 | 11:21 WIB Last Updated 2024-09-01T06:22:06Z
PITURUH, (pituruhnews.com) – Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) kembali digelar di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, pada Kamis (29/08/2024), bertempat di SDN Prigelan. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan bahasa Jawa di kalangan generasi muda. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, FTBI tingkat Kabupaten akan diselenggarakan pada Sabtu (07/09/2024) mendatang di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.

Aida Sri Maulina, Ketua Panitia FTBI Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (Wilcambidik) Pituruh, menjelaskan bahwa tahun 2024 menandai pelaksanaan FTBI yang ketiga di wilayah ini, dengan peserta dari semua SD di Wilcambidik Pituruh. Tujuh cabang lomba dibuka, meliputi mendongeng, pidato, menulis cerkak, dagel ijen, macapat, geguritan, membaca, dan menulis aksara Jawa.

“Tahun ketiga ini diadakan di bulan Agustus karena tingkat Kabupaten akan diadakan di awal bulan September,” jelas Aida kepada Pituruh News. Ia berharap penyelenggaraan FTBI tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelum lomba, para guru yang akan membimbing siswa diberikan pelatihan melalui Diseminasi FTBI.
Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (Korwilcambidik) Pituruh, Suparno, juga menekankan pentingnya bahasa daerah dalam pendidikan. Menurutnya, keterampilan anak-anak dalam berbahasa Jawa, baik menulis, berbicara, maupun menulis aksara Jawa, masih perlu ditingkatkan. 

“FTBI ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan bahasa dan aksara Jawa. Bahasa Jawa, dengan unggah-ungguh atau tata krama yang tinggi, sangat penting untuk diajarkan,” ungkap Suparno.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus diadakan sebagai sarana pelestarian bahasa dan aksara Jawa di masa depan.

Kontributor : Syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update