Notification

×

Iklan

Gelar Rangkaian Kegiatan Gerakan Cinta Bhakti Lingkungan, Tanam Pohon dan Peduli Sampah

Minggu, 18 Agustus 2024 | 21:30 WIB Last Updated 2024-08-19T00:49:01Z

BAYAN, (pituruhnews.com) - Menanamkan jiwa dan karakter cinta lingkungan serta peduli terhadap sampah yang ada disekitar, Kader Adiwiyata MTs An Nawawi diajak bersih-bersih lingkungan dan tanam pohon. Hal ini sesuai dengan program kerja Tim Adiwiyata yakni Pokja Tanaman, Kebersihan dan pengelolaan sampah serta Konservasi Air, Sejumlah kurang lebih 50 siswa yang merupakan kader adiwiyata yang didampingi oleh Bapak/Ibu/Guru Tim Adiwiyata bersama Kepala Madrasah, jajaran Wakil Kepala, Staf dan karyawan , melakukan bhakti lingkungan dan tanam pohon.

Kegiatan tersebut disemarakkan dengan Lomba Kostum Maskot yang berbahan dasar dari limbah kertas dan plastik, lomba ini dipilih sebagai perwujudan atau implementasi dari gerakan mengurangi sampah atau biasa disebut Reduce. Yakni salah satu gerakan real guna mendukung program Adiwiata khusunya dalam rangka mengurangi sampah kertas dan plastic.


Muh Taufik Fauzi, SHI, M.Pd, selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah An Nawawi Berjan menyampaikan bahwa pada hari Sabtu 17 Agustus 2024 telah diadakan kegiatan Gerakan Cinta dan Bhakti Lingkungan dengan aksi tanam pohon dan peduli sampah yakni membersihkan sampah sampah yang ada di area makam bulus dan makan cokronegoro. Hal ini dilakukan semata untuk menanamkan jiwa dan karakter yang cinta dan peduli terhadap lingkungan. Yang sebelumnya diawali dengan Tahlil bersama untuk mengirim doa kepada para masyayih. “Rangkaian kegiatan ini akan kami lanjutkan dengan Lomba Kostum Maskot yang berbahan dasar limbah kertas dan plastic pada hari ahad tanggal 19 Agustus 2024” Imbuhnya.

Kemudian Heni Astuti, S.Pd selaku Ketua Tim Adiwiyata MTs An Nawawi Berjan mengatakan kegiatan Gerakan Cinta dan Bhakti Lingkungan ini selain merupakan bagian dari progam kerja Sekolah Adiwiyata, kegiatan ini sekaligus untuk memperingati HUT RI Ke 79. Dalam kegiatan penanaman pohon ini kader adiwiyata menanam beberapa jenis tanaman Perindang dan Tanaman Hias seperti; Bringin Putih, Soka, melati mini dan Bougenvil.


Disisi lain Beti Krisnayanti S.Pd, S.Si Guru MTs An Nawawi yang juga sebagai Koordinator Pokja Pengolahan Sampah menegaskan bahwa, Gerakan Cinta dan Bhakti Lingkungan ini sangat perlu dilakukan terutama oleh Kader Adiwiyata MTs An Nawawi sebagai bentuk peduli lingkungan terutama terhadap sampah, Dalam kegiatan ini kader adiwiyata diarahkan untuk membersihkan sampah.


Salah satu siswa Achmad Chilmi Siswa kelas 9A MTs An Nawawi, Koordinator Kader Adiwiyata merasa cukup senang dan bangga karena dilibatkan dalam kegiatan ini. “ Ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami, sehingga kami meyadari bahwa menjaga dan merawat lingkungan yakni menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya serta menjaga tanaman atau merawat pohon yang ada disekitar menjadi sangat penting guna keberlangsungan kehidupan Bumi kita ini, Apalagi lomba Kostum Maskotnya, sangat kreatif” Chilmi menegaskan.


“Lomba Kostum Maskot yang terbuat dari limbah plastik dan kertas ini diadakan untuk mendukung madrasah kami MTs An Nawawi menuju Sekolah Adiwiyata, tujuanya supaya sampah plastik dan kertas yang ada di lingkungan madrasah termanfaatkan dengan maksimal”. Ujar Ani selaku panitia lomba.

Iklan

×
Berita Terbaru Update