Notification

×

Iklan

Ratusan Guru di Purworejo Gelorakan Spirit Komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan

Kamis, 18 Juli 2024 | 09:33 WIB Last Updated 2024-07-18T02:33:40Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - PENDIDIKAN yang berkualitas bagi generasi muda merupakan hal penting dalam pembangunan sebuah negara. Hal tersebut mendorong kebutuhan yang mendesak terhadap perubahan sistem pendidikan di Indonesia.

Acara 'Upgrading Guru Penggerak Kabupaten Purworejo dan Launching Komunitas Belajar Dari  dan untuk Guru (Bedug) Purworejo yang diselenggarakan Komunitas Komunitas Belajar Dari  dan untuk Guru disingkat Komunitas Bedug Purworejo Jawa Tengah diadakan Di Aula SMAN 7 Purworejo Kamis (18/07/2024). 

Guru yang menjadi Peserta adalah Guru Penggerak Angkatan 2, 6, 7, 8, dan 9. Penggagas Komunitas ini adalah merupakan gabungan dari koordinator masing-masing angkatan yang menyepakati bersama untuk mengadakan kegiatan upgrading dan launching Komunitas Bedug Purworejo. 

Turut hadir pada acara ini Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah Darmadi, S.Pd., M.Pd., Kepala Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah Nugrahaeni Triastuti, S.E., M.M., Kepala Cabang Dinas Pendidikan VIII Jawa Tengah Maryanto, S.Pd., M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Sekertaris Dinas Purwasih Handayani, Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Purworejo Niken Wahyuni, M.Pd. Ketua PGRI Kabupaten Purworejo Irianto Gunawan, M.Pd., Ketua Komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan Ali Sodikin, S.Pd.,M.Pd. 
Acara ini sebagai upaya guru untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada guru utamanya guru penggerak yang ada di Kabupaten Purworejo. Sesuai dengan slogan guru penggerak "Tergerak Bergerak Menggerakkan" diharapkan guru dapat tergerak untuk mewujudkan sekolah yang menyenangkan, Bergerak melakukan pada komunitas belajar di sekolah masing-masing, dan merambah ke Menggerakkan dengan mewujudkan Komunitas yang dapat mewujudkan sekolah yang menyenangkan sehingga mewujudkan Pendidikan yang lebih baik. 

Melalui Kegiatan Berbagi Praktik Baikbyang disampaikan oleh Angkatan 6: Umi Ulfa (SDN Pakisarum), Yuni Tri S (SMPN 19), Angkatan 7: Nastiti (SMAN 3), Angkatan 8: Mayasari (SLB Negeri Purworejo) Angkatan 9: Susi (TK Negeri Pembina Purworejo). Kegiatan berbagi Praktik Baik ini menjadi contoh kegiatan di komunitas atau pangkalan di sekolah masing-masing atau di komunitas melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 

Maryanto, S.Pd., M.Si. sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan VIII menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya mengoptimalkan potensi guru. "Guru Penggerak sebagai agen perubahan pendidikan berupa kontribusi nyata untuk mewujudkan Pendidikan yang maju" paparnya dalam sambutan. 


Upgrading Guru Penggerak ini sebagai langkah untuk menumbuhkan semangat kembali untuk program guru penggerak pada masa pelatihan atau pendidikan. Program Guru Penggerak dengan tujuan guru yang memanusiakan manusia yang memberi kesempatan luas bagi muridnya untuk mengembangkan 3 kodrat manusia, yakni keragaman talenta, rasa ingin tahu, dan kreativitasnya, maka para siswa dan sekolah yang dianggap mati oleh masyarakat atau orang tuanya akan kembali tumbuh menjadi sekolah yang dicintai anak-anaknya

Purwasih Handayani, S.H.,M.M. selaku Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyampaikan pentingnya Komunitas Bedug Purworejo hadir untuk langkah mewujudkan pendidikan yang baik di Kabupaten Purworejo. "Harapannya guru penggerak dapat mencetak pemimpin-pemimpin yang berakhlak dan cerdas di Purworejo melalui pendidikan" papar dalam sambutannya. 

Hartono selaku peserta dari Guru Penggerak Angkatan 9 yang bertugas di SDN Wanurojo Kecamatan Kemiri merasa senang dan bangga menjadi bagian dari Komunitas Bedug. Harapannya Komunitas ini dapat berperan aktif di pangkalan atau sekolah masing-masing. 
"Ini merupakan peluang besar untuk merawat, mendukung, dan mengembangkan ruang-ruang pada guru yang sedang tumbuh ini, sehingga makin banyak orang yang bisa merasakan manfaat dari Komunitas Bedug Purworejo," paparnya.

Kontributor : syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update