Notification

×

Iklan

Milad ke-1 Majelis Ta’alim dan Sholawat As-Shofa, Berkolaborasi Dengan Komunitas Pecinta Kencreng Purworejo

Sabtu, 13 Juli 2024 | 09:37 WIB Last Updated 2024-07-13T04:44:30Z
KUTOARJO, (pituruhnews.com) - Dalam acara Milad ke-1 Majelis Ta’alim dan Sholawat As-Shofa pimpinan Gus Syukron Abdul Bashir Butuh, menggelar As-Shofa Expo di Alun-alun Kutoarjo selama tiga hari mulai tanggal 12-14 Juli 2024.

Rangkaian acara diawal dengan berbagai acara baik dari hiburan live musik, sholawat komunitas pecinta kencreng kabupaten Purworejo, lomba anak-anak, bazar umkm, Purworejo Bersholawat, dan Jalan Sehat.

Pada malam ini Jum’at, 12/07/2024 berkolaborasi bersama Komunitas Pecinta Kencreng Kabupaten Purworejo sebanyak 100 grup.

Pengasuh Majelis Ta’alim dan Sholawat As-Shofa, Gus Syukron ABdul Bashir, saat ditemui disela kegiatan. mengatakan  Kungkrus bersama dengan KPK Kabupaten Purworejo sebanyak kurang lebih 100 grup bangunan, yaitu Kencreng- kencreng Jawa, kita nguri- uri budaya yang sudah berjalan begitu lama, bertahun- tahun dari dulu, bersama untuk menjalin silaturahim pada malam hari ini dengan niat silatiurahmi merayakan Milad pertama majelis As Shofa.

Kungrus bareng itu, lanjutnya, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Milad As- Shofa yang dilaksanakan selama 3 hari di alun- alun Kutoarjo. Kegiatan lain yang diselenggarakan diantaranya As- Shofa Expo, senam dan jalan sehat, konser musik, lomba mewarnai dan sebagai puncak Milad dengan mengadakan gebyar Purworejo Sholawat bersama As- Shofa dan pengajian akbar yang akan diisi oleh Pengasuh Ponpes An Nawawi Berjan, KH Achmad Chalwani, pada Sabtu (13/7/2024) malam.
“As- Shofa sebenarnya sudah terbentuk 5 tahun lalu, tapi baru satu tahun ini berganti nama, dari Hidayatul Mustofa update menjadi As- Shofa biar lebih semangat,” ungkapnya.

Dijelaskan, Majelis As- Shofa yaitu majelis taklim dan majelis sholawat, didalamnya inti utamanya yaitu melaksanakan kewajiban mencari ilmu bersama- sama dan membaca sholawat kepada Rosululloh. Anggota untuk personil hadroh As-Shofa ada 15 personil dan memiliki pengurus sebanyak 40 pengurus.

“Kita sudah sering diundang untuk mengisi acara sholawat hingga keluar kota, seperti Jakarta, Bekasi dan lainya. Ini untuk tiga bulan kedepan fokus di daerah Purworejo,” ucapnya.

Alasan As-Shofa mengadakan kungrus bersama ratusan group sholawat terbang Jawa, yaitu karena Purworejo Berirama, berirama dengan sholawat.

“Dengan ibadah kita bersama – sama membaca sholawat kepada Rosulullah, berharap nanti warga Purworejo khususnya mendapat safa’at dari Rosululloh. Dan harapan kedepan semoga Purworejo bisa lebih hebat dalam bersholawat kepada Alloh terutama kepada Rosululloh, mencari ilmu bersama- sama, membaca sholawat bersama- sama lebih berkembang dalam berilmu agama,” harapnya.

Pengurus Komunitas Pecinta Kencreng (KPK) Kabupaten Purworejo, Achmad Luthfi Khakim, menyampaikan syukur dan bahagian yang mendalam karena bisa berkumpul merayakan Milad As -Shofa bersama ratusan group Sholawat Terbang Jawa di lokasi itu.

“Acara ini merupakan bukti nyata dari kesungguhan dan kebersamaan kita dalam membangun komunitas yang berlandaskan ilmu dan kecintaan kepada agama,” kata Luthfi.

Menurutnya, merayakan milad bukan hanya sebuah usia baru, tetapi juga momen refleksi dan syukur atas perjalanan yang telah dilalui bersama. Majelis Ta’lim & Sholawat As-shofa hadir sebagai wadah yang tak hanya menyebarkan lantunan sholawat dan ilmu islam saja, tetapi juga mempererat persaudaraan di tengah komunitas yang luas khususnya Komunitas pecinta kencreng di Kabupaten Purworejo.

“Kungkrus akbar seperti ini sebelum sudah pernah di gelar sebanyak 300 bangunan yang di gelar oleh GP Ansor Kabupaten Purworejo. Kami sangat mengapresiasi untuk kali kedua berkolaborasi bersama Majelis Ta’alim dan Sholawat As-Shofa yang dipimpin oleh Gus Syukron ABdul Bashir. Adanya kungkrus ini semoga menjadi ladang amal kita dalam melantunkan sholawat nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

Penulis : Wid/

Iklan

×
Berita Terbaru Update