Notification

×

Iklan

Lebaran Yatim, Bupati Serahkan Bantuan Total Rp 275,8 Juta

Selasa, 16 Juli 2024 | 17:30 WIB Last Updated 2024-08-01T03:09:07Z

 PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan partisipasi umat dalam berzakat, Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI menyelenggarakan sebuah program bersama para stakeholder zakat. Program bertajuk Lebaran Yatim Berbagi Cinta Berlimpah Berkah 1446 H / 2024 M itu, sebagai wahana untuk bergerak secara bersama demi memberikan manfaat yang jauh lebih besar.


Untuk Kabupaten Purworejo, kegiatan dipusatkan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa (16/07/2024).  Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo H Aziz Muslim MPdi, Kabag Prokopim Setda Anas Naryadi SH MM, Ketua Baznas dan MUI Purworejo KH Achmad Hamid AK Spdi, Ketua PD Muhammadiyah Drs H Pudjiono, Ketua Perwakilan BWI Purworejo Drs H Muh Zainal Fitri MAG, Ketua PD DMI Purworejo Drs H Sumedi MPd dan unsur terkait lainnya.


Dalam kesempatan ini, Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo dan Baznas Kabupaten Purworejo, yang telah menyelenggarakan kegiatan Lebaran Yatim Berbagi Cinta Berlimpah Berkah 1446 Hijriyah.


“Hari ini, total ada Rp 275,8 juta bantuan yang akan disalurkan bagi warga di Kecamatan Bayan dan Kecamatan Gebang,” imbuhnya.


Menurut Bupati, kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi Kementerian Agama, lembaga zakat, dan lembaga terkait untuk dapat terhubung secara langsung dengan masyarakat dalam satu momentum kebersamaan Bulan Muharram yaitu Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim.

Dijelaskan lebih lanjut, Lebaran Yatim merupakan momentum yang sangat istimewa. Karena di hari yang mulia ini, kita tidak hanya merayakan kebahagiaan bersama, tetapi juga memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak yatim yang membutuhkan. 


“Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi di antara kita semua, serta menumbuhkan rasa kepedulian sosial yang tinggi,” harapnya. 


Di sisi lain Bupati juga mengajak seluruh lembaga terkait untuk terus berbuat baik dan saling membantu, karena kebaikan sekecil apapun akan memberikan dampak yang besar bagi mereka yang menerimanya. Disebutkan bahwa mereka (anak yatim) adalah bagian dari kita, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu peduli serta berbagi kebahagiaan.


Disisi lain H Aziz Muslim MPdi menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyukseskan kick of kolaborasi pemberdayaan zakat dan wakaf serentak secara nasional, yang dibuka oleh Menteri Agama RI dan dikuti secara daring.


“Kegiatan ini merupakan upaya menyampaikan akuntabilitas baznas dan berkolaborasi tentang pemberdayaan lembaga-lembaga pengumpul zakat, yang mana kemudian ditasyarufkan secara transparan," tandasnya.


Aziz Muslim berharap, kegiatan ini dapat bersinergi dan terbangun dengan kokoh, serta menumbuhkan semangat kepedulian kita kepada para duafa, anak yatim termasuk difabel dan bersinergi dengan pemda.


Iklan

×
Berita Terbaru Update