Notification

×

Iklan

160 Penari Ndolalak Cilik Menari Massal, Meriahkan Peringatan Hari Anak Nasional Kecamatan Pituruh

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:02 WIB Last Updated 2024-07-24T16:03:53Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Sebanyak 160 penari ndolalak cilik dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Wilcambidik Pituruh tampil bareng dalam pagelaran ndolalak massal di Halaman Kantor Kecamatan Pituruh. Pagelaran ini dalam rangka memeriahkan Festival Peringatan Hari Anak yang diadakan oleh Pemerintah Kecamatan Pituruh yang bekerja sama Bumdesma Gempita Jaya LKD, Rabu, 24/07/2024.

Pagelaran ini sempat menarik perhatian warga masyarakat dan menjadi tontonan segar bagi warga yang memadati seputar Halaman Kecamatan Pituruh. Tarian Dolalak saat ini sudah berkembang pesat bahkan sudah menjadi brand image Kabupaten Purworejo. Hal ini tidak luput dari peran Pemerintah yang terus mengembangkan dan melestarikan kesenian ini.

Pagelaran Tari Dolalak Masal ini Sekaligus menunjukkan eksistensi seni tradisional asli Purworejo ini sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Pengukuhan Ndolalak sebagai seni tradisional warisan budaya tak benda ini pada 18 Oktober 2019. 
Festival Hari Anak Nasional dibuka oleh  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiadi, dengan berkolaborasi berbagai stakeholder diantaranya Pihak Wilcambidik Pituruh sebagai penyaji Tari Ndolalak Masal, Launching Forum Anak Pituruh, Disdukcapil memberikan pelayanan pencatatan Kartu Identitas Anak. Stakeholder lain dalam memeriahkan agenda ini ada UPPD dalam mengoptimalkan Pajak Daerah PBB dan Pajak Kendaraan, Satlantas Polres Purworejo memberikan pelayanan perpanjangan SIM, Puskesmas Pituruh dan Puskesmas Karanggetas memberikan pelayanan Pos pembinaan terpadu, Bumdesma Gempita Jaya LKD yang mengoptimalkan produk lokal melalui UMKM, Senam Massal dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pituruh dalam agenda mensosialisasikan agenda Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. 

Camat Pituruh Hartono, dalam kegiatan ini mengharapkan kegiatan di Kecamatan Pituruh dapat diinisasi oleh Anak sebagai generasi penerus sehingga anak itu selalu bahagia tidak ada perundungan sebagai perwujudan Kecamatan Pituruh yang Ramah Anak. Dengan berkolaborasi dari berbagai stakeholder salah satunya dari Wilcambidik Pituruh.

“Muncul dari (Kecamatan) Pituruh anak-anak yang benar-benar berkualitas anak-anak yang nanti menuju generasi emas tahun 2045 sehingga nanti sebagai regenerasi, sehingga Anak-anak Pituruh dapat bangkit menyongsong (hal tersebut).” ucap Hartono kepada media tim Pituruh News di sela-sela kegiatan.
Forum Anak Kabupaten Purworejo ikut hadir dalam acara ini, Galuh Intan memberikan apresiasi betul kepada Forum Anak Pituruh yang telah diresmikan semoga Kecamatan lain ikut menyusul adanya Forum Anak di tingkat Kecamatan masing-masing. “Keren sekali dengan adanya tari dolalak masal, apalagi yang menari adik-adik yang lucu dan gemas” papar Galuh 

Di kesempatan lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiadi, mengapresiasi telah dilanchingnya Forum Anak Pituruh. Adanya Forum Anak ini dapat menjadi wadah penampungan ide-ide kreatif dari anak dalam merencanakan kegiatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. 

"Dengan adanya Forum Anak Pituruh, ide-ide kreatif anak dapat ditampung dalam setiap perencana pembangunan, forum anak Pituruh dapat diberdayakan sebagai sarana untuk menggali aspirasi, kreasi, dalam setiap perencana pembangunan baik pemerintah Desa, Kecamatan, dan Kabupaten." pungkas Agus.

Kontributor : Sukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update