Guru
memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru hendaknya tahu
bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ,
terutama pada masa pandemi seperti ini. Dengan cara membuat media pembelajaran
dan menyiapkan perangkat pembelajaran yang tepat guna, guru di tuntut untuk
mengupayakan terciptanya kondisi pembelajaran yang efektif.
Pendidik dan
tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna,
menyenangkan, kreatif,dinamis dan logis.Untuk menerapkan apa yang tertulis
dalam Undang - Undang Sisdiknas dalam pembelajaran guru tidak bisa mengajar
hanya dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat membuat siswa merasa
bosan akibatnya siswa tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru tersebut.
Maka untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan media seperti gadget sebagai alat
bantu dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan.
Media
pendidikan adalah alat,metode, dan teknik yang digunakan untuk lebih
mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses
pendidikan dan pengajaran di sekolah. Secara estimologi, gadget berasal dari
istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang
memiliki fungsi khusus. Gadget juga merupakan alat elektronik kecil yang
memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih
praktis.
Dunia teknologi
terus berkembang dengan pesat. Inovasi-inovasi baru pun banyak bermunculan.
Pasalnya gawai lebih memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan
sangat membantu pekerjaan manusia tanpa terkecuali, mulai dari anak-anak sampai
dengan orang dewasa. Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19.Pandemi Covid-19
berdampak pada semua bidang, mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, serta sosial
budaya. Penggunaan gadget atau gawai pada anak saat pandemi Covid-19 sebenarnya
mendatangkan sejumlah manfaat positif, kendati dalam praktiknya anak perlu
didampingi saat sedang belajar jarak jauh maupun saat berada di rumah.
Pendidik atau
Guru juga harus dituntun melek teknologi khususnya dalam penggunaan Gadget
sehingga bisa mengimbangi peserta didik dalam melaksanakan proses belajar
Daring dan harus memiliki inovatif yang tinggi agar tercapai tujuan
pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan media
pembelajaran, Dengan adanya media pembelajaran diharapkan akan terjadi
interaksi efektif antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa sendiri.
Manfaat
teknologi informasi dalam bidang pendidikan sendiri adalah, sebagai berikut :
1. Dengan teknologi informasi semua aktivitas belajar
semakin mudah, dari segi materi pendidikan, penilaian dan aktivitas belajar –
mengajar didalam kelas ataupun diluar kelas.
2. Teknologi informasi memberikan waktu yang tidak terbatas
untuk memperoleh pengetahuan yang lebih (literature bacaan siswa atau
mahasiswa) sehingga persaingan pendidikan yang berstandar internasional pun
mampu di cover, yang berakibat baik untuk mutu pendidikan di indonesia dimana
adanya kesetaraan mutu dan output sumber daya terdidik antara dalam negeri dan
luar negeri.
3. Teknologi informasi memberikan kemudahan akses ilmu (
bahan bacaan) bagi mahasiswa dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan
membeli buku dan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan bagi tenaga pengajar
dan staff administrasi sekolah dalam merekap nilai dan melayani administrasi
peserta didik.
Pada dasarnya pembelajaran saat ini berorientasi pada
student center bukan lagi dengan teacher center.
Selain membawa
manfaat yang baik dalam kehidupan, internet juga membawa dampak buruk bagi
kehidupan. Untuk itu menghindari atau menghentikan dampak buruk yang semakin
banyak, itu adalah kewajiban kita. Caranya adalah melalui kesadaran pribadi,
membatasi diri dalam menggunakan internet. Agar diri mampu membedakan mana yang
baik dan mana yang buruk bagi kita. Semua terjadi akibat diri sendiri,
sebagaimana diri kita dapat mengkontrol dalam penggunaan intenet. Internet akan
membuahkan manfaat banyak jika penggunaannya tepat, namun akan berdampak positif
jika diri tak mampu mengendalikannya.
Untuk memenuhi
tujuan tersebut, seorang guru harus punya kreatifitasdan inovasi untuk
menyeimbangi perkembangan zaman yang penuh dengan teknologi atau yang bisa
disebut dengan generasi milenial. Agar anak bisa dengan mudah menerima materi
pembelajaran secara efektif dan bisa menggunakan gadgetnya secara positif
terutama dalam pembelajaran.
Penulis : Mutiara Wulan Maytasya/Mahasiswi UMP